Gagal Flash Memakai Odin? Ini Penyebabnya

Joelzr.com | Penyebab gagal flash memakai odin - Flash samsung selain odin sebetulnya ada banyak cara dan solusi yang tepat, namun kebanyakan teknisi justru hanya mengandalkan Odin semata-mata untuk alat flash Samsung. Walau bagaimanapun setiap tool itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi terkadang tool berbayar juga tidak dapat menjamin supaya kita sukses melaksanakan flashing.

 Flash samsung selain odin sebetulnya ada banyak cara dan solusi yang tepat Gagal Flash Menggunakan Odin? Ini Penyebabnya


Gagal Flash Menggunakan Odin

Kenapa Odin fail? Ada beberapa penyebab yang mengakibatkan odin fail, baik dari segi versi firmware yang digunakan, versi Odin, PC dan juga kabel USB yang kita pakai, walaupun demikian, penyebab utama itu ada pada versi firmware Samsung yang kita gunakan, dan itu yang memilih sukses atau tidaknya ketika kita melaksanakan flash.

Walau ada beberapa type hape terbaru yang suka gagal bila kita gunakan Odin versi lama, jadi solusi satu-satunya yaitu dengan memakai Odin versi terbaru, dan itu sudah menuntaskan persoalan gagal flash.

How To Fix Samsung Flash Fail?

Apakah hanya dengan menggantikan versi Odin sudah dapat menuntaskan masalah? Disini ada 2 balasan : Pertama : Jika persoalan error hape jadul dan kita memakai versi terbaru atau sebaliknya, maka mengganti versi Odin itu sudah menuntaskan persoalan gagal flash.
Kedua : Jika error flash Samsung bukan akhir versi Odin, melainkan versi firmware atau lainnya, maka itu sama sekali tidak berpengaruh, jadi ada beberapa penyebab lainnya yang mengakibatkan gagal flash memakai Odin. Salah satunya yaitu ketidak-cocokan versi firmware yang kita gunakan, sehingga ketika firmware mulai masuk ke hape, maka akan terjadi penolakan dan berakhir dengan FAIL. Yok simak Penyebab Gagal Flash Menggunakan Odin pada uraian dibawah ini.

Kenali binary-nya dari build number (nomor bentukan) dari hape Samsung atau dapat dari recovery mode.

Angka binary ditandai dengan angka yang ada pada formasi kelima bila dihitung dari sebelah kanan rom

Bagaimana cara mencari firmware samsung yang cocok

Pertanyaan diatas muncul ketika seseorang resah karena sering terjadinya gagal flash samsung dengan Odin 'failed odin', apakah firmwarenya tidak cocok atau teknisinya yang masih gres belajar?

Ada beberapa tips praktis dan gampang untuk anda yang sering mengalami gagal flash khususnya pada merk samsung :

 Flash samsung selain odin sebetulnya ada banyak cara dan solusi yang tepat Gagal Flash Menggunakan Odin? Ini Penyebabnya
Contoh recovery G935F

Dari kedua gambar diatas sudah dapat lihat binary yang tampil pada layar, perhatikan arah panah masing-masing gambar diatas yang mana itu merupakan binary yang wajib kita tau untuk menghindari flash failed atau gagal flash pada hape Samsung, sebagaimana yang telah kita bahas diatas, kita dapat mengetahui binary Samsung itu menurut angka kelima bila dihitung dari arah kanan.

Contoh binary Samsung sebagai berikut :
G935FXXU1CPJ2 (Contoh binary 1)
G935SKSU3APD5 (Contoh binary 3)

Bagaimana dengan pola dibawah, binary berapakah ini...?

a) A710FXXU2BQC2
b) A710FXXU2BPK3
c) A720FXXU3CRE9

Pasti jawabannya adalah
a) Binary 2
b) Binary 2
c) Binary 3

Saya anggap anda sudah mengetahui binary pada setiap hape yang hendak anda flash, langkah selanjutnya yaitu penerapan untuk menghindari 'gagal flash' pada Samsungnya.


Salah satu penyebab gagal software yaitu beda nomor binary, maka samakan binary-nya anda akan berhasil

Sebelum kita lanjut ke poin 3, apakah poin 2 diatas sudah paham?

Baik, aku rasa sudah paham ya semua. Saya lanjutkan sedikit lagi sebagai uraian dari poin nomor 2 diatas.

Kalimatnya yaitu : 'maka samakan binary-nya anda akan berhasil'.

Artinya yaitu : bila disana ada binary 2, maka anda harus cari firmware yang binary 2, sekalipun nomor lainnya itu berbeda tak mengapa, alasannya yaitu yang diharapkan yaitu angka binary saja (bukan sama pada keseluruhan).

Contoh :
A710FXXU2BPK3 : itu binary 2, maka anda boleh memakai beberapa versi rom atau build number atau versi baseband-nya, contohnya anda boleh memakai salah satu versi dibawah ini (sembarang versi asalkan sama-sama binary 2) :

A710FXXU2BPK1 atau A710FXXU2CPJ2 atau A710FXXU2CQI6 atau A710FXXU2CQE3 atau A710FOXY2CQI5


Binary yang sama itu tidak menjamin 100% anda berhasil, benarkah?

Jika penyebab gagal flash salah satunya yaitu beda binary, maka kesamaan binary tidak dapat menjamin anda berhasil 100%, dapat dipahami?

Contoh kasus yang sering kita temui pada Samsung Galaxy Grand Prime SM-G530H yang hampir rata-rata orang mengalami hal yang serupa, padahal binary-nya sama.

Bagaimana cara flash Galaxy Grand Prime SM-G530H supaya tidak failed?

Perhatikan type-type dibawah ini, kasus dibawah ini paling banyak dikeluhkan oleh sebagian orang dikarenakan sering gagal flash via Odin :



How to fix samsung flash fail

Flash Samsung g530h Flash failed
Flash Samsung g355h flashing failed
Flash samsung g750h failed
Flash samsung j120g fail
Flash samsung j200g fail


Apakah anda juga sering mengalaminya? Jika benar, perhatikan beberapa poin penting dibawah ini.

Jika sama angka binary masih gagal flash, maka jalan keluarnya yaitu dengan menyamakan semua angka yang ada pada romnya

Silakan lihat di versi build number atau versi baseband atau boleh di recovery mode-nya. Perhatikan gambar dibawah ini.


G950FXXU1AQD

Perhatikan buildnya yaitu : G950FXXU1AQDD, selanjutnya silakan anda cari firmware dengan nomor yang sama di koleksi firmware Samsung, alasannya yaitu trik ini hampir 99% sukses menangani kasus gagal flash dengan Odin, selama eMMC tidak bermasalah.

Perhatikan notif fail ada Odin itu sendiri.

Caranya yaitu dengan cara memperhatikan notif di kepingan log pada Odin, dapat di cek di kepingan kiri bawahnya. Perhatikan gambar berikut.



Keterangan :
Pada kasus gagal flashing via odin diatas ada notif fail pada file 'sboot.bin' dan itu sering terjadi sekalipun sama versi binary atau sama versi build-nya.

Makara salah satu solusi gagal flashing via odin yaitu dengan memakai Box-flasher atau Dongle yang punya fitur check-unchek pada file yang failed tersebut.

Dan sedikit masukan buat rekan-rekan semua yang sering gagal flash ini, solusi alternatif lainnya yaitu dengan memakai UAT Tool, disarankan yang Pro atau berbayar, alasannya yaitu kelebihan dari UAT ini sangat banyak sekali.

Demikian artikel singkat seputar pengenalan binary pada Samsung serta penyebab gagal flash memakai Odin, semoga dapat bermanfaat buat semuanya, bila ada kejanggalan silakan ditegur untuk kesempurnaan artikel joelzr.com berikutnya.

Jika ada hambatan ketika pelaksanaan dilapangan, jangan sungkan untuk bertanya dikolom komentar yang telah disediakan, semoga menjadi berkah buat semuanya, Amin-amin.



Download Odin terlengkap versi gres 2018-2019 dan lama

Sumber https://joelzr.blogspot.com/

Belum ada Komentar untuk "Gagal Flash Memakai Odin? Ini Penyebabnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel